Pedoman Khusus Pembuatan Soal Pada Kemampuan Berfikir tingkat Tinggi

Pedoman Khusus Pembuatan Soal Pada Kemampuan Berfikir tingkat Tinggi 

Dalam pengembangan kurikulum 2013 ini ditegaskan agar siswa memiliki daya kemampuan berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).
 akan tetapi berfikir tingkat tinggi mencakup pada kemampuan seperti:
  1. Menemukan
  2. Menganalisis
  3. Mencipta
  4. Merefleksi
  5. Beragumen
Dalam berfikit tingkat tinggi diharapkan meminimalisirkan akan aspek ingatan dan pengetahuan, dan mengoptimalkan pada cara berfikir antara lain:
  1. Transfer satu konsep ke konsep lainnya
  2. Memproses dan menerapkan informasi
  3. Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
  4. Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
  5. Menelaah ide dan informasi secara kritis
untuk itu guru haruslah kretif dalam pembuatan soal soal yang akan memancing pola pikir anak pada  berfikir tingkat tinggi, untuk penjelasannya karakteristik dan prosesnya silahkan bapak dan ibu dwonload pada link berikut:

Pedoman Khusus  Pembuatan Soal-Soal Tingkat Tinggi

sumber: kemendikbud

Demikian singkat penjelasan pada artikel ini, semoga bermanfaat, dan menciptakan daya pikir tingkat tinggi putra putri Indonesia.

Post a Comment for "Pedoman Khusus Pembuatan Soal Pada Kemampuan Berfikir tingkat Tinggi "